Ada beberapa kriteria membuat sebuah logo untuk desainer logo pemula maupun sekedar menambah wawasan untuk desainer logo yang berpengalaman. Pada kenyataannya pembuat logo terlalu antusias jika ada klien yang ingin membuatkan logo, pada akhirnya mencari inspirasi logo adalah hal yang sangat mutlak untuk melihat di galeri situs logo terkenal.

Dibawah ini adalah tahapan membuat logo yang bagus menurut pandangan saya, artikel ini saya sharing kembali dan saya ambil dari media situs di  http://imjustcreative.com/

  1. Sebuah logo harus fleksibel dan cukup banyak digunakan pada media apapun. Ini idealnya harus bekerja sama dengan baik pada sebuah benda kecil seperti bola golf karena akan melakukan jauh lebih besar, dari atas poster komersial dicetak. Anda tidak dapat selalu memantau bagaimana atau di mana klien pada akhirnya akan berakhir menggunakan logo Anda, jadi pastikan mereka memiliki kesempatan untuk berjuang dengan merancang itu dengan fleksibilitas dalam pikiran.
  2. Font adalah bagian kehidupan dan jiwa logo. Mereka adalah struktur, kerangka. Waktu yang dihabiskan mencari alternatif font tidak dapat diremehkan. Luangkan waktu Anda untuk memastikan Anda memiliki font yang berbicara pesan yang tepat. Font yang salah bisa menjadi bencana bagi logo, font yang tepat akan mengadakan logo tegas dalam sorotan.
  3. Gradien terlihat rapi dan dapat bekerja jika Anda benar-benar tahu apa yang Anda lakukan dan sadar akan komplikasi dan keterbatasan percetakan komersial. Jika Anda tidak begitu berpengalaman maka yang benar-benar terbaik untuk menghindari menggunakan gradien apapun. Klien mungkin ingin melihat pola cantik seperti itu, tetapi ketika direduksi menjadi proporsi kecil, mereka hanya berantakan.
  4. Ketika merancang ide logo dasar Anda, mulai saja. Buat dalam warna hitam pekat. Kemudian ketika Anda memiliki struktur dasar dan merasakannya, Anda kemudian dapat pindah menambahkan ide lain seperti warna dll. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk hadir untuk klien Anda sejumlah versi logo mulai dari warna penuh, warna tunggal, hitam putih dan monokrom pada sebaliknya. Contohnya bisa dilihat di web jasa pembuatan logo.
  5. Clip Art dapat menghemat banyak waktu tetapi itu biasanya dalam kategori anggaran biaya rendah. Hindari menggunakan clip art di mana mutlak diperlukan. Gunakan jika untuk inspirasi pasti, tetapi jika Anda menggunakan beberapa stock art, maka Anda dapat yakin bahwa itu mungkin ada di tempat lain. Dan proyek ini logo Anda tidak begitu unik lagi (bukan logo yang unik).
  6. Desain logo dalam format vektor, kecuali logo hanya untuk web. Menggunakan aplikasi seperti Illustrator atau coreldraw adalah jalan yang tepat. Mengedit logo vektor jauh lebih mudah daripada harus mengedit gambar pixalised. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat skala logo untuk ukuran apapun tanpa kehilangan kualitas, tidak begitu gambar bitmap. Menggunakan vektor juga akan berarti printer tidak akan menyusahkan Anda.
  7. Menahan diri dari mendesain logo di sekitar garis tag atau sebaliknya. garis Tag memiliki kebiasaan berubah sebagai perusahaan berevolusi. Biarkan desain Anda untuk mempertimbangkan ini. Jika klien adalah 100% yakin bahwa tag line mereka tidak akan pernah berubah, kemudian memimpin mereka. Tapi memastikan Anda memperingatkan mereka tentang kemungkinan jebakan.
  8. Hindari menggunakan fotografi sebagai elemen utama dalam logo, atau elemen dalam hal ini. Kecuali jika Anda bekerja untuk pedoman khusus yang ditetapkan oleh klien. Bahkan kemudian, adalah tugas Anda untuk memperingatkan mereka. logo Fotografi berbasis sangat sulit untuk berkembang pada berbagai bentuk media dan negatif akan mempengaruhi fleksibilitas dan adaptasi dari logo.
  9. Membiasakan diri dengan proses pencetakan komersial. Ini adalah factor yang banyak dijumpai desainer logo pemula yang belum punya latar belakang pengalaman cetak formal. Membuat logo untuk web sangat sangat berbeda dengan membuat logo untuk cetak. Jika Anda mengambil pekerjaan yang berarti logo tersebut akan digunakan pada berbagai media, pastikan Anda benar-benar disiapkan.

Tips diatas sangat berguna bagi saya sebagai pegangan dasar sebelum membuat logo, ada banyak lagi tips desain logo yang memang tidak akan habis untuk didiskusikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply